MACAM MACAM PORT DISPLAY DAN SLOT PADA PC

MACAM MACAM PORT DISPLAY DAN SLOT PADA PC


1. Port VGA (Video Graphic Adapter)
Fungsi : Berfungsi untuk mengolah tampilan atau display pada monitor sehingga tidak membebani kerja processor.



2. Slot PCI  (Peripheral Component Interconnect)
Fungsi : Adalah slot yang berfungsi untuk menambahkan peripheral tambahan yang belum terpasang pada motherboard.



3. Port HDMI (High Definition Multimedia Interface)
Fungsi : Interface untuk peralatan elektronik lainnya tanpa mengurangi kualitas dari gambar dan suara. HDMI telah mendukung beberapa interface dengan resolusi dan kualitas tinggi seperti pemutar DVD, Blu-ray, Game console, dan TV.

4. Slot AGP(Accelerated Graphics Port )

Accelerated Graphics Port adalah sebuah bus yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi, menggantikan bus ISA, bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan. Spesifikasi AGPpertama kali (1.0) dibuat oleh Intel dalam seri chipset Intel 440 pada Juli tahun 1996.


5. Kabel DVI (Digital Visual Interface)

Digital Visual Interface disebut DVI. Dikembangkan tahun 1999 walau sudah mulai tergeser port HDMI. 
DVI dirancang untuk mengirim signal digital video tanpa dipadatkan. Berbeda dengan VGA, DVI adalah signal Digital. Seperti DVI-D untuk digital saja, DVI-A untuk audio saja, atau DVI-I untuk digital dan audio bersamaan. Konektor DVI masih banyak dipakai, khususnya untuk perangkat elektronik model lama. 

Bila ingin mengunakan teknologi dengan resolusi 4K, lupakan port jenis ini karena tidak akan mencukupi kebutuhan pengiriman signal digital.
Ada 2 perbedaan konektor DVI. Single dan dual Link. Dual Link untuk mengirim signal dua kali lebih banyak. Misalnya resolusi sebuah LCD TV dengan maksimum 1920x1200, dengan dual link akan cukup untuk menayangkan 2560x1600. Sekali lagi teknologi DVI memang terbatas, demikian juga ukuran port yang besar. Cepat atau lambat port ini tidak lagi digunakan untuk perangkat modern.


6. DP(Display Port)


DisplayPort merupaka video connector baru lainnya yang mulai muncul di banyak perangkat baru, khususnya laptop. Ia dirancang menggantikan DVI dan VGA di komputer, tapi penggunaannya tidak sebanyak DVI atau HDMI. Akan tetapi , ia sudah banyak tertanam ke komputer baru Mac, Dell, HP dan Lenovo. Sebenarnya ia sangat mirip HDMI, dan dapat menstream baik HD video dan audio kabel yang sama, dan bisa mensupport resolusi hingga 1920A~1080 dan 8 channel audio di seutas kabel.

Kelebihannya, DisplayPort mensupport HDCP, sehinnga anda dapat menggunakannya untuk memplayback HD content terproteksi pada Blue-ray dan banyak lagi. Anda juga dapat menghubungkan ke HDMI atau DVI port dengan sebuah converter, karena sinyal digital kompatibel. Kelemahannya sedikit monitor dan TV menyertakan diplayPort port sehingga anda harus membekali dengan konverter bila anda ingin menggabungkan latop ke layar lebar.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel MACAM MACAM PORT DISPLAY DAN SLOT PADA PC ini dipublish oleh Unknown pada hari Rabu, 22 Februari 2017. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan MACAM MACAM PORT DISPLAY DAN SLOT PADA PC
 

0 komentar:

Posting Komentar

diooda